Super Junior - Devil

Posted by : Indah Ms Selasa, 06 Juni 2017

Hallo kawan musik!

Kembali lagi kita berjumpa setelah pembahasan sebelumnya mengenai musik kontemporer. Kali ini saya akan membawa tema baru yang akan kita bahas, dan ini masih ada kaitannya dengan musik kontemporer. Merupakan salah satu jenis dari musik kontemporer itu sendiri, yaitu “Musik Klasik”. Baiklah saya langsung saya menuju materi..


Pengertian Musik Klasik
Musik klasik adalah musik yang diproduksi dalam seni, atau berakar dalam, tradisi musik liturgi Barat dan sekuler, yang mencakup periode yang luas dari sekitar abad ke-9 untuk menyajikan norma-norma sentral times.The dari tradisi ini menjadi dikodifikasikan antara 1550, dan 1900 yang dikenal sebagai periode praktek umum. Musik klasik merupakan istilah luas yang biasanya mengarah pada musik yang dibuat atau berakar dari tradisi kesenian Barat, musik kristiani, dan musik orkestra, mencakup periode dari sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21.

Ciri-ciri Musik Klasik
·       Menggunakan peralihan dinamik dari lembut sampai keras atau (cressendo)dan dari keras menjadi lembut(decrssendo).
·       Perubahan-perubahan tempo dengan percepatan atau (accelerando) dan perlambatan(ritardando).
·       Hiasan / ornamentik diperhemat pemakaiannya.
·       Pemakaian akord 3 nada.
Fungsi dan Kegunaan Musik Klasik
Dalam proses pembelajaran musik yang digunakan adalah musik klasik, kerena musik klasik bersifat universal dan telah dilakukan berbagai penelitian yang membuktikan bahwa musik klasik bermanfaat bagi perkembangan otak manusia, dan musik klasik tidak mengandung kata-kata sehingga tidak akan terjadi interferensi audio.

Tokoh-tokoh Musik Klasik
1.  Franz Joseph Haydn
Franz Joseph Haydn adalah salah satu komponis yang membawa pengaruh sangat besar pada Zaman Klasik. Franz juga mempunyai julukan sebagai “Bapak Kuartet Gesek” atau “Bapak Simfoni”. Komponis banyak mengahabiskan waktunya sebagai musikus untuk keluarga Eszterhazy di Australia. Franz adalah saudra laki-laki dari seorang komponis terkenal yaitu Michael Haydn dan seorang penyanyi terkenal Evangelist Haydn.

2.  Franz Schubert

Franz Schubert adalah komponis berkebangsaan Austria yang lahir pada tanggal 31 January 1797 dan meninggal pada tanggal 19 November 1828. Singkat cerita, Schubert sebelum memasuki umur 20 tahun dia telah menghasikan 6 simfoni, secara keseluruhan 8 sinfoni. 2 judul diantaranya adalah Unfinished Symphony dan Great Shymphoy.


3.  Georg Friedrich Handel

Handel adalah komponis musik Barok Jerman yang banyak menghabiskan waktunya di Britani Raya. Beliau lahir pada tanggal 23 Februari 1685 di Halle, dan meninggal dunia pada 14 April 1759 di London. Beliau adalah pencipta musik termuka Oratorio, Concerti Grossi, dan Opera. Beberapa karya yang terkenal dari Handel adalah Oratoria Messiah, Water Music dan Fireworks Musik.


4.  Ludwig van Beethoven

Ludwig van Beethoven adalah komponis asal Jerman yang mungkin tidak asing lagi di telinga kamu, bahkan karya nya yang hingga kini selalu didengarkan. Beliau lahir pada tanggal 17 Desember 1770 di Bonn dan meninggal dunia pada tanggal 26 Maret 1827 di Wini. Beliau juga komponis besar dan tokoh terpenting dalam perubahan Zaman Romantik dan Zaman Klasik.


5.  Wolfgang Amadeus Mozart

Mozart adalah salah satu tokoh yang sangat penting serta membawa pengaruh yang sangat besar terhadap Zaman Musik Klasik maupun Zaman Musik Romantik. Mozart teah menghasilkan sekitar 700 lagu, termasuk paduan suara, musik opera dan musik piano. Beberapa karya terbaiknya adalah DIe Zauberflote dan Opera Don Giovanni.


Contoh Musik Klasik

ü  Beethoven – Love Strory Piano

ü  Beethoven – Ode to Joy

ü  Mozart – March Turkish

ü  Mozart – Sonata a b c

ü  Mozart – Symphony no 40

ü  Richard Clyderman – Love Story

ü  Suzanne Ciani – Mother’s Song

ü  Suzanne Ciani – The Volicity of Love

ü  Yanni – Sadness of Heart

ü  Yiruma – Rever Flow in You

{ 7 komentar... read them below or Comment }

  1. Itu ngambil dari buku gak kak ? Bukunya apa ya ?

    BalasHapus
  2. Makasih kak.. sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Koreksi dikit, Love Story bukan piecenya Beethoven, tapi Francis Lai.

    BalasHapus
  4. Blog yang menarik.... saya teringat Maria Callas, ia pernah berkata: "Setelah setiap pertunjukkan saya akan berpikir tentang hal-hal yang dapat dilakukan lebih baik, untuk membuatnya lebih baik di pertunjukkan selanjutnya dan bagaimana membuatnya berbeda. Saya tidak pernah puas dengan pertunjukkan saya dan selalu berusaha lebih baik di lain kali."
    Saya mencoba menulis blog tentangnya, semoga anda suka: http://stenote-berkata.blogspot.hk/2017/11/wawancara-dengan-maria.html

    BalasHapus

- Copyright © Suara Nadaku - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -