Super Junior - Devil

Posted by : Indah Ms Selasa, 06 Juni 2017

Hallo Kawan Musik!

Kali ini kita berjumpa kembali, di kesempatan kali ini saya membawa tema baru untuk kita bahas. Tema kita kali ini masih menyangkut musik kontemporer, yaitu “Musik Pop/Populer”. Baiklah langsung saja kita kupas mengenai tema kita kali ini..

 

Pengertian Musik Populer

Populer dari kata Pop ( Popular), di gemari, disenangi masyarakat, musik pop berarti musik yang lagi digemari dimasyarakat dalam kurun waktu tertentu. Jenis musik ini tidak tahan lama, mudah hilang dan berganti lagi dengan lagu lagu lain yang baru. Proses penciptaannya pun biasanya jarang menggunakan bentuk komposisi ( tertulis ), bentuk lagu, lirik, progresi chord, aransemen biasanya juga sederhana, mudah diingat dan sifatnya menghibur.

Menurut Shuker (2005), musik populer adalah musik yang mudah diperoleh, menekankan pada chorus atau penekanan lagu, dengan lirik yang menyenangkan bertema romantis, dan berorientasi pada komersil.

Menurut Strinati (2009), musik populer adalah musk yang bersifat easy listening yang bisa didengarkan tanpa membutuhkan perhatian yang banyak atau lebih secara khusus. Musik pop ini juga bisa berfungsi sebagai bentuk perekat sosial, yang menempatkan seseorang pada realitas kehidupan yang sedang mereka jalani.

Perkembangan Musik Populer :
Musik popular dunia mulai berkembang pesat sejak munculnya kelompok The “ Beatles “ dari Inggris sekitar tahun enempuluhan. Begitu juga dengan negara kita, begitu terpengaruh oleh kelompok ini sehingga bermunculan kelompok-kelompok musik seperti : koes bersaudara, dara puspita, the singer, atau dari penynyi solo seperti : ramhat kartolo, ernie johan, titik sandhora dll.
Kemudia era tahun 70 – an , muncul generasi seperti : D’Loyd, the mercys, Aka, Panbers, Fafourite Group, god bless, dll.
Menginjak tahun 80-an ada perubahan besar dalam musik dangdut, yang di motori oleh Rhoma irama, menjadikan musik dangdut menjadi naik kelas, dari kalangan pinggiran dihujat sebagai musik kampungan menjadi musik yang dapat diterima masyarakat luas, bahkan sampai sekarang sudah bisa diterima dikalangan elite sebagai hiburan bergengsi.
Pada era ini bermunculan penyanyi—penyanyi seperti : Dian Pishsa, Betharia Sonata, Ebiet GAD, Iwan Fals, Dedy Dodes, Endang S Taurina dll.
Memasuki tahun 90- an musik popular banyak sekali ragamnya, jenis – jenis irama musik banyak sekali di padu / kolaborasi sehingga memunculkan style – style baru seperti pop dangdut, pop sunda, jazz pop, jazz rock, reggae dut, disco remix, pop kreatif dsb.
Memunculkan banyak group-group dan penyanyi terkenal di jaman ini seperti : Java Jive, Krakatau, Trio Libels, AB three, Java Jive, Tri Utami, Elfas Singer, dll.
Juga perkembangan teknologi semakin pesat, ini juga mempengaruhi pada musik jaman ini, pengaruh seperti apakah yang dapat kita cermati sehubungan dengan perkembangan teknologi ini.
                                           

Ciri-ciri Musik Populer

1.  Melodinya mudah dicerna dan mudah diterima masyarakat

2.  Mudah dipadu padankan dengan jenis musik lainnya

3.  Karakter dari liriknya mudah, dan gampang diserap

4.  Menggunakan harmoni yang tidak terlalu rumit, dengan tempo yang bervariasi.

Jenis-jenis Musik Populer

1.  Musik Pop Standar

Adalah musik yang melodinya sederhana, diikuti dengan lirik yang mudah dihapalkan. Jenis musik ini juga sangat fleksibel dan mudah untuk dipadu padankan maupun diserap.

2.  Musik Pop Kreatif

Adalah jenis musik yang dianggap unik, mulai dari ritme, melodi, harmoni, instrumen, maupun gaya yang digunakan didalamnya.

3.  Musik Pop Balada

Adalah jenis musik yang bertempo lambat dan sedang, liriknya cenderung ekspresif, dan pembuatan melodi yang didasarkan atas lirik lagu.

Contoh Musik Populer

ü  Untuk lagu Indonesia : Semua lagu-lagu Peterpan/Noah, Ungu, Ada Band, Nidji, Samsons, Kerispatih, Sheila on7, Geisha, Vierra/Vierratale, dsb.



ü  Untuk lagu Barat : Semua lagu-lagu Michael Jackson, Justin Bieber, Justin Timberlake, Beyonce, Whitney Houston, Britney Spears, Katy Perry, dsb.





ü  Untuk lagu Korea : Semua lagu-lagu Super Junior, TVXQ, EXO, Shinee, F(x), SNSD, Red Velvet, Sistar, Miss A, dsb.



{ 6 komentar... read them below or Comment }

- Copyright © Suara Nadaku - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -