Super Junior - Devil

Posted by : Indah Ms Senin, 05 Juni 2017

Hallo Kawan Musik!

Kembali lagi dengan saya, kali ini saya membawa tema baru dalam pembahasan kita kali ini. Tema kita kali ini mengenai “Musik Kontemporer”, tentu saja kawan-kawan semua lebih sering mendengarkan jenis musik ini daripada musik-musik btradisional. Baiklah, saya langsung saja..


Pengertian Musik Kontemporer
Musik kontemporer adalah istilah dalam bahasa Indonesia untuk bidang kegiatan kreatif yang dalam konteks berbahasa Inggris paling sering disebut musik baru, musik kontemporer, atau lebih tepatnya, musik seni kontemporer. Ini menjadi istilah yang paling digemari di tahun 1990-an. Tetapi kesepakatan dalam penggunaan istilah ini membangkitakan pertanyaan tentang apa yang termasuk dan apa yang tidak termasuk dalam musik kontemporer. Ini menjadi sebuah inti dari perdebatan hangat dikalangan musisi dan pemikir yang biasanya mempunyai persepsi yang berbeda.

Menurut salah seorang pemerhati seni Yasraf Amir Piliang menyebutkan bahwa pengertian seni kontemporer adalah seni yang dibuat lebih kepada masa kini atau bersifat modern. Sedangkan dilihat dari etimologi atau sejarah katanya terdiri dari dua kata, yaitu co dan tempo. Dimana co bermakna bersama dan tempo artinya waktu. Sehingga secara harfiah, seni kontemporer dapat diartikan sebagai seni yang berjalan sebagai refleksi waktu yang sedang dilakoni.

Ciri-ciri Musik Kontemporer
1.  Warna bunyi bisa sejenis atau bisa berbagai jenis.
2.  Notasi musik hanya dapat dimengerti oleh pemusik karena notasinya ditulis dengan simbol atau tanda
3.  Memiliki improvisasi yang berfariasi mengikuti keinginan dari pemusik.
4.  Bunyi dapat berasal dari sumber yang beragam, bukan hanya dari instrumen musik.
5.  Jenis tangga nada yang dipakai bervariasi.
6.  Jenis birama tidak terpaku pada satu birama saja.
7.  Dinamik dan tempo bervariasi

Jenis-jenis Musik Kontemporer
a.  Musik Klasik
b.  Musik Pop
c.  Musik R&B
d.  Musik Jazz
e.  Musik Rock
f.   Musik Blues
g.  Musik Dangdut

h.  Dan lain-lain

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Kak, maaf dari ciri2nya ada poin notasi musik hanya dapat dimengerti oleh pemusik karena notasinya ditulis dengan simbol atau angka. Maksudnya itu gimana kak??

    BalasHapus

- Copyright © Suara Nadaku - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -