Super Junior - Devil

Posted by : Indah Ms Senin, 05 Juni 2017

Hallo kawan musik!

Saya kembali lagi untuk menyapa kalian para pecinta musik dimanapun berada. Dalam kesempatan kali ini saya mengusung tema “Musik Tradisional” yang nantinya akan saya bagikan informasinya kepada para reders semua. Baiklah, langsung saja kita mulai pembahasannya.

Pengertian Musik Tradisional
Musik Tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun, dipertahankan sebagai hiburan. Tiga komponen yang saling mempengaruhi diantaranya seniman, musik itu sendiri dan penikmatnya. Sedangkan maksudnya untuk mempersatukan persepsi antara pemikiran seniman dan masyarakat tentang usaha bersama dalam mengembangkan dam melestarikan seni musik tradisional, menjadikan musik tradisional sebagai perbendaharaan seni di masyarakat sehingga musik tradisional lebih menyentuh pada sektor komersial umum.

Menurut Sedyawati (1992 : 23) pengertian musik tradisional adalah musik yang digunakan sebagai perwujudan dan nilai budaya yang sesuai dengan tradisi.
Menurut Tumbijo (1977 : 13) musik tradisional adalah seni budaya yang sejak lama turun temurun telah hidup dan berkembang pada daerah tertentu. Maka dapat dijelaskan bahwa musik tradisional adalah musik yang diwariskan masyarakat secara turun-temurun dan berkelanjutan pada masyarakat suatu daerah.
Menurut Purba (2007 : 2) musik tradisional tidak berarti bahwa suatu musik dan berbagai unsur-unsur di dalamnya bersifat kolot, kuno, atau ketinggalan jaman. Namun, musik tradisional adalah musik yang bersifat khas dan mencerminkan kebudayaan suatu etnis atau masyarakat.

Funsi Musik Tradisional :
Secara umum, fungsi musik bagi masyarakat Indonesia antara lain untuk sarana atau media upacara adat budaya (ritual), pengiring tari, media hiburan, media komunikasi, media kspresi diri dan sarana ekonomi.
1.   Sarana upacara adat budaya (ritual)
Musik di Indonesia, biasanya berkaitan erat dengan upacara-upacara kelahiran, kematian, perkawinan serta keagamaan dan kenegaraan. Pada beberapa daerah, bunyi yang dihasilkan oleh instrumen atau alat tertentu dipercaya mempunyai kekuatan magis. Oleh sebab itu, instrumen seperti itu digunakan sebagai sarana kegiatan adat istiadat masyarakat.
2.   Pengiring tarian
Di berbagai wilayah di Indonesia, bunyi-bunyian atau musik dibuat oleh masyarakat untuk mengiringi tarian-tarian khas daerah. Oleh karena itu, kebanyakan tarian khas daerah di Indonesia hanya dapat diiringi oleh musik daerahnya sendiri-sendiri.
3.   Media hiburan
Dalam hal ini, musik adalah salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan akibat rutinitas kegiatan harian, serta sebagai sarana rekreasi dan ajang pertemuan dengan warga lainnya. Biasanya masyarakat Indonesia sangat antusias dalam menonton pagelaran musik.
4.   Media komunikasi
Di beberapa tempat di Indonesia, bunyi-bunyi tertentu yang mempunyai makna tertentu untuk anggota masyarakat kelompoknya. Biasanya bunyi-bunyian itu mempunyai pola ritma tertentu dan menjadi tanda untuk anggota masyarakatnya atas suatu peristiwa atau kegiatan tertentu.
5.    Media ekspresi
Bagi para seniman (baik pencipta lagu ataupun pemain musik) musik merupakan media untuk mengekspresikan diri mereka. Melalui musik, mereka mengaktualisasikan potensi dirinya. Melalui musik juga, mereka mengungkapkan perasaan atau emosi, pikiran, gagasan, dan cita-cita tentang diri, masyarakat, dunia dan Tuhan.
6.   Sarana ekonomi
Bagi para musisi dan artis professional, musik tidak saja sekedar berguna sebagai sarana ekspresi dan aktualisasi diri. Musik juga merupakan sumber penghasilan. Mereka merekam hasil karya seni mereka dalam bentuk pita kaset dan cakram padat (Compact Disk/CD) serta menjualnya ke pasaran. Dari hasil penjualannya tersebut mereka mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan dalam hidup.

Jenis-jenis Musik Tradisional
Jenis-jenis musik tradisional di Indonesia bisa dibedakan menjadi :
1. Musik tradisi
2. Musik keroncong
3. Musik perjuangan


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Suara Nadaku - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -